SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA SANTONG KECAMATAN TERARA KABUPATEN LOMBOK TIMUR (NGARO *** NGARAT *** NGAJI)

Artikel

BIMBINGAN TEKNIS PENIGKATAN KAPASITAS APARATUR PEMERINTAH DESA DALAM PENGELOLAAN SISTEM INFORMASI DE

20 November 2019 21:32:35    331 Kali Dibaca  Berita Desa

BIMBINGAN TEKNIS PENIGKATAN KAPASITAS APARATUR PEMERINTAH DESA DALAM PENGELOLAAN SISTEM INFORMASI DESA (SID) DIKABUPATEN LOMBOK TIMUR TAHUN 2019

          Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan Kapasitas Aparatur Desa dalam pengelolaan Sistem Informasi Desa (SID), maka Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lombok Timur mengadakan Pelatihan bagi 189 (seratus delapan puluh sembilan) orang Aparat Desa di Kabupaten Lombok Timur, yang dilaksanakan di Rupatama II Kantor Bupati Lombok Timur, pada tanggal 18 s/d 28 November 2019.         

Kegiatan tersebut dibagi menjadi 4 angkatan yaitu :

  1. Angkatan pertama terdiri dari 5 kecamatan dan 47 desa
  2. Angkatan kedua terdiri dari 5 kecamatan dan 47 desa
  3. Angkatan ketiga terdiri dari 7 kecamatan dan 47 desa
  4. Angkatan keempat terdiri dari 6 kecamatan dan 48 desa

Peran dan Manfaat Sistem Informasi Desa

  • Pengertian Sistem Informasi Desa

Dalam konteks OpenSID, yang dimaksud dengan Sistem Informasi Desa adalah proses dan aplikasi yang:

  1. Berbasis komputer
  2. Mengelola informasi kantor desa
  3. Mendukung fungsi dan tugas kantor desa, termasuk administrasi kependudukan, perencanaan, pelaporan, pengelolaan asset, pengelolaan anggaran, layanan publik, dsbnya

Dengan pengertian ini, jenis aplikasi yang tercakup dalam "Sistem Informasi Desa" suatu desa bisa saja lebih dari satu: misalnya OpenSID untuk pengelolaan data kependudukan, SISKEUDES untuk mengelola keuangan desa, aplikasi lain untuk mengelola BUMDes, dsbnya.

  • Peran dan Manfaat SID

Berikut ini dijelaskan secara singkat beberapa manfaat SID menurut pengertian di atas (tidak terbatas pada fitur yang ada di OpenSID saja).

  1. Kantor desa lebih efisien

Misalnya, dengan memakai OpenSID, kantor desa dapat menyediakan layanan surat keterangan pada warga jauh lebih cepat dibandingkan cara manual. Dengan OpenSID, data penduduk sudah tersimpan dan dapat diisikan secara otomatis pada surat yang bisa dicetak langsung.

  1. Kantor desa lebih efektif

Sebagai contoh, karena SID menyimpan data penduduk beserta atribut-atributnya, kantor desa dapat dengan mudah memilah data penduduk secara akurat berdasarkan kriteria yang diinginkan, sehingga bisa mentargetkan suatu program pemerintah secara tepat sasaran. Ini berbeda dengan proses serupa tanpa SID, di mana sering dilakukan penentuan sasaran program secara kira-kira dan tidak berbasis data.

  1. Pemerintah desa lebih transparan

Dengan SID, pemerintah desa dapat mengelola informasi kegiatan desa dalam bentuk yang mudah disajikan kepada warga dan lebih mudah diakses warga. Misalnya, kantor desa dapat memakai SID untuk mengelola informasi perencanaan pengembangan desa dan menampilkan informasi tersebut pada berbagai media, seperti di web desa, papan pengumuman dsbnya.

  1. Pemerintah desa lebih akuntabel

Dengan adanya informasi perencanaan, kegiatan pembangunan, penggunaan dana desa dsbnya di dalam SID yang mudah diakses warga, pemerintah desa akan dituntut untuk lebih akuntabel. Kantor desa akan mempunyai kesempatan untuk secara lebih mudah membuat laporan pertanggung-jawaban kegiatan, penggunaan dana desa dsbnya.

  1. Layanan publik lebih baik

Seperti disebut di atas, dengan SID kantor desa akan lebih efisien dan lebih efektif dalam melakukan fungsi dan tugas mereka. Karena salah satu tugas utama kantor desa adalah memberi layanan publik, fungsi ini pun akan lebih baik. Contoh sederhana yang diberikan di atas, warga akan bisa memperoleh surat keterangan yang mereka butuhkan secara lebih cepat dan dengan data yang lebih akurat.

  1. Warga mendapat akses lebih baik pada informasi desa

Dengan SID, informasi kependudukan, perencanaan, asset, anggaran dsbnya akan terrekam secara elektronik. Semua informasi tersebut mempunyai potensi untuk lebih mudah diakses oleh warga. Kantor desa mempunyai kesempatan untuk menyediakan fasilitas bagi warga untuk mengakses informasi desa dengan mudah, misalnya dengan menerbitkan informasi desa di web desa. Karena tahu data itu ada, warga juga mempunyai kesempatan untuk menuntut kantor desa untuk menyediakan akses pada informasi yang mereka butuhkan.

  1. Warga dapat berpartisipasi lebih aktif dalam pembangunan desa

Ketersediaan data dan informasi desa yang mudah diakses akan meningkatkan potensi warga untuk berpartisipasi dalam pembangunan desa. Warga akan tahu kegiatan apa yang sedang berjalan dan apa yang direncanakan, sehingga dapat ikut mengawal kegiatan tersebut ataupun memberi usul, saran dan masukan lain terkait pembangunan desa. Lebih dari itu, SID juga mempunyai potensi untuk menyediakan media elektronik untuk menggalang partisipasi warga, seperti forum diskusi atau formulir komentar/usulan elektronik.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Wilayah Desa

 Peta Desa

 Aparatur Desa

 Sinergi Program

 Agenda

Belum ada agenda

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Alamat : Jalan Santong-Terara
Desa : Santong
Kecamatan : Terara
Kabupaten : Lombok Timur
Kodepos : 83663
Telepon : 08175720504
Email : [email protected]

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:67
    Kemarin:0
    Total Pengunjung:63.398
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.70.135.22
    Browser:Tidak ditemukan

 Arsip Artikel

10 September 2019 | 797 Kali
Profil Desa Santong
13 September 2019 | 786 Kali
SEJARAH DESA SANTONG
20 September 2019 | 749 Kali
VISI dan MISI
20 September 2019 | 628 Kali
KONTAK
20 September 2019 | 560 Kali
STRUKTUR ORGANISASI DAN TATA KERJA PEMERINTAHAN DESA SANTONG
11 September 2019 | 556 Kali
Pelantikan dan Pengukuhan Perangkat Desa Santong
04 Mei 2020 | 487 Kali
SANTAI DONG ASAL TEPAT SASARAN